Polisi Meminta Kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan mudah dipengaruhi dengan Kasus Pembakaran Bendera Tauhid

Polisi Meminta Kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan mudah dipengaruhi dengan Kasus Pembakaran Bendera Tauhid
Info faktual. Kepolisian meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan insiden pembakaran bendera tauhid, yang dilakukan anggota Barisan Ansor Serba Guna Nahdlatul Ulama (Banser NU), saat peringatan Hari Santri Nasional di Garut, Senin (22/10) lalu. Masyarakat diminta mempercayakan pengusutan insiden tersebut ke pihak kepolisian.

“Masyarakat khususnya umat Islam jangan terprovokasi adu domba pecah belah pada satu sisi yang belum jelas informasinya,” tuturnya Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudho Wisnu Andhiko, saat dihubungi Selasa (23/10).

Trunoyudho menegaskan, kepolisian telah melakukan tindakan untuk mengusut kasus ini. Pihak kepolisian pun telah bersinergi dengan sejumlah ormas agar masyarakat tak terprovokasi dengan kasus ini. Masyarakat pun diminta agar tenang. “Polres Garut telah bersinergi dengan para tokoh ulama dan MUI,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembakaran bendera itu terjadi saat peringatan Hari Santri Nasional di Lapang Alun-alun Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut pada Senin (22/1.). Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menuturkan, berdasarkan laporan Polres setempat, pembakaran itu terjadi pada pukul 09.30 WIB.
Pada pukul 14.30 WIB, Peringatan Hari Santri Nasional itu selesai. Namun, video pembakaran tersebut menjadi viral dan menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet. Kepolisian pun segera melakukan beberapa tindakan.

Dedi mengatakan, kepolisian segera berupaya untuk melakukan take down video viral tersebut agar tidak menimbulkan keributan. Kepolisian kemudian melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan dari saksi. Sejumlah ormas di antaranya MUI, PCNU dan Banser pun memberikan klarifikasi terkait kasus tersebut. Dedi menegaskan kepolisian akan melakukan tindakan hukum pada kasus tersebut.

“Kami tindak secara hukum agar dapat menenangkan atau menetralkan situasi kondusif secara umum,” pungkasnya dia.
Hingga Selasa (23/10) pagi, dilaporkan sebanyak tiga orang telah diamankan oleh pihak kepolisian. Kepolisian menyatakan, sampai dengan saat ini situasi di Kabupaten Garut pasca-kejadian tersebut dalam keadaan aman dan kondusif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Larangan mengunakan GPS , Pengendara dianjurkan Mengunakan Navigasi Suara

Prabowo Subianto : Saya Berkampanye Bukan Untuk Menaikan Pencitraan saya

MBAH MOEN Mendoakan Prabowo Untuk Bisa Memimpin Indonesia